Top Advertisement

Mengenal Simbol-Simbol dalam Flowchart (Dasar dan Lanjutan)

Apa Saja Simbol-Simbol Flowchart? Ayo Pelajari Di Sini!
Simbol-Simbol dalam Flowchart

Sebelumnya kita telah berkenalan dengan Algoritma dan Flowchart. Algoritma adalah urutan langkah penyelesaian masalah dan Flowchart adalah diagram untuk menggambarkan bagaimana algoritma dapat menyelesaikan masalah tersebut. 

Sekarang kita akan berkenalan dengan simbol-simbol dalam Flowchart. Lengkap dengan fungsi dari masing-masing simbol beserta beberapa contoh Penggunaan Simbol Flowchart. 


Baca pembahasan sebelumnya: 

  1. Apa itu Algoritma?
  2. Flowchart: Diagram yang Menggambarkan Urutan Langkah



Simbol Flowchart Dasar

Berikut ini simbol-simbol dasar flowchart yang umum digunakan beserta kegunaannya. 

Simbol terminator Flowchart

Terminator

Simbol terminator adalah simbol untuk menandai titik awal dan akhir sebuah program atau proses. Terminator biasanya diisi tulisan "Start/End" atau "Mulai/Selesai".

Decision/Keputusan Flowchart

Decision/Keputusan

Simbol Keputusan atau bisa disebut titik percabangan adalah simbol yang berisi kondisi yang memunculkan dua pilihan "Ya/tidak", "Benar/Salah", atau "True/False". Langkah berikutnya ditentukan oleh hasil keputusan dari kondisi tersebut.

Simbol Proses Flowchart - berbentuk persegi panjang

Process/Proses

Disebut juga "Simbol Tindakan/Action", digunakan untuk mewakili seluruh tindakan, proses, atau operasi. Biasanya ini untuk operasi dasar atau proses yang sederhana. Setiap langkah yang harus dilakukan dinyatakan dengan simbol ini.

Simbol Input/output Flowchart

Input/Output

Simbol input/output digunakan untuk menyatakan langkah dimana program akan mengambil masukkan berupa data dan mengeluarkan keluaran/output dari program.

Simbol Alur/Flow dalam Flowchart - berupa anak panah

Flow/Alur

Berupa anak panah yang menunjukkan alur proses. Menghubungkan satu simbol dengan simbol lainnya.

Simbol Flowchart Lanjutan

Setelah kamu mengenal dan memahami penggunaan Simbol Flowchart Dasar, simbol-simbol berikut ini perlu kamu pelajari untuk tambahan. 


# Input & Output 

Selain simbol input/output berbentuk jajar genjang di atas, ada 2 simbol untuk menyatakan input dan output namun berbeda dalam penggunaan.  

Simbol Manual Input Flowchart

Manual Input

Simbol ini mewakilkan sebuah langkah di mana pengguna diminta untuk memasukkan informasi secara manual. Biasanya input berasal dari keyboard.

Simbol Display Flowchart

Display

Digunakan untuk menampilkan informasi kepada pengguna. Umumnya berupa teks peringatan atau informasi.

# Simbol Dokumen

Simbol Dokumen

Document

Mewakili sebuah dokumen yang diperlukan dalam sebuah tugas/langkah atau catatan yang dihasilkan oleh sebuah aksi/proses/aktivitas. Contoh "Penjual membuat Nota pembelian".

Simbol Multi-dokumen

Multi-Document

Multi-dokumen berarti dokumen yang dibutuhkan atau dihasilkan lebih dari satu. Kegunaannya sama seperti dokumen tunggal.

# Simbol Penghubung/Konektor

Simbol Konektor digunakan untuk menghubungkan antar bagian Flowchart. Ada dua simbol konektor yaitu On-page dan Off-page. 

Simbol On-page konektor

On-page Connector

Sepasang simbol on-page konektor digunakan untuk mengganti garis panjang pada halaman flowchart. Agar tidak ada garis alur (Flow Line) yang terlalu panjang, digunakanlah On-page konektor.

Simbol Off-page konektor

Off-page Connector

Digunakan untuk menghubungkan dua bagian Flowchart yang berada di halaman lain.

## Cara Menggunakan Simbol Konektor

Simbol Konektor Flowchart selalu digunakan berpasangan. Konektor pertama digunakan sebagai akhir dari bagian pertama, dan konektor kedua menunjukkan awal bagian kedua di mana bagian kedua adalah lanjutan bagian pertama. 

Contoh On-page Connector

Contoh Flowchart Penggunaan On-page Connector https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ https://www.zendcode.web.id/p/panduan-menggunakan-properti-gambar.html Zend ZendCode | www.zendcode.web.id

Penjelasan: Untuk menandai pasangan simbol konektor, umumnya menggunakan huruf. Huruf tersebut dapat diletakan di dalam simbol ataupun di bawah simbol. Kedua konektor menggunakan huruf yang sama. 


Contoh Off-Page Connector

Contoh Flowchart Penggunaan Off-page Connector https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ https://www.zendcode.web.id/p/panduan-menggunakan-properti-gambar.html Zend ZendCode | www.zendcode.web.id

Penjelasan: Cara menggunakannya sama, bedanya kedua konektor berada di halaman yang berbeda. Off-page connector ini menghubungkan bagian selanjutnya yang berada di halaman lain. 


# Simbol Penyimpanan Data 

Menyatakan dimana data yang kita gunakan dalam proses disimpan. 

Simbol Data Storage

Data Storage

Menyatakan tempat di mana data disimpan dalam sebuah proses.

Simbol Direct Access Storage

Direct Access Storage

Digunakan untuk menyatakan perangkat penyimpanan Hard Drive dan Solid State Drive.

Simbol Internal Storage Flowchart

Internal Storage

Menunjukkan data yang disimpan dalam memori internal.

Simbol Tape/sequential Data

Sequential Access Storage

Menyatakan sebuah penyimpanan data berupa "Sequential Access Storage". Yaitu sebuah media penyimpanan data yang membaca data secara berurutan. Contohnya "Magnetic Tape".

Simbol Database Flowchart

Database

Mewakili penyimpanan data yaitu database. Database adalah kumpulan data yang dikelola berdasarkan ketentuan tertentu.

Simbol Paper Tape

Paper Tape

Simbol ini sudah usang dan tidak lagi umum digunakan pada diagram. Tetapi dapat digunakan untuk proses pemetaan atau metode input pada komputer dan mesin CNC yang jauh lebih tua.

# Simbol Percabangan/Branching

Simbol percabangan adalah simbol yang menjadi titik di mana terdapat lebih dari 1 pilihan alur untuk diikuti. Simbol Decision termasuk dalam simbol percabangan.

Decision/Keputusan Flowchart

Decision

Simbol dengan bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama Decision. Simbol Decision berisi kondisi yang memunculkan dua pilihan "Ya/tidak", "Benar/Salah", atau "True/False".

Simbol Logika OR

Logika OR

Simbol logika OR menyatakan beberapa pilihan yang dapat dipilih berdasarkan kondisi yang tepat. OR artinya "atau". Logikanya seperti ini: Pilih A; atau B; atau C. Pilih sesuai kondisi. Simbol OR digunakan jika pilihan lebih dari 2. Jika hanya dua, gunakan Decision.

Simbol Summing Junction

Summing Junction

Simbol Summing Junction digunakan ketika beberapa cabang digabung menjadi satu proses.

# Simbol Process

Selain simbol proses yang berbentuk persegi panjang pada Simbol Flowchart Dasar, terdapat pula beberapa Simbol Flowchart yang berhubungan dengan Proses atau Aksi.

Simbol Predefined Process

Predefined Process

Simbol Predefined Process atau Proses yang telah terdefinisi sebelumnya adalah simbol yang digunakan untuk menyatakan sebuah proses yang sebelumnya proses itu sudah didefinisikan/dijelaskan di bagian lain. Lihat contoh Predefined Process disini.

Simbol Manual Operation

Manual Operation

Mewakili sebuah operasi atau aksi yang hanya bisa dilakukan secara manual oleh seseorang.

Simbol Preparation

Preparation

Menunjukkan persiapan ke langkah lain dalam proses yang sama.

Simbol Delay

Delay

Simbol delay menunjukkan waktu tunggu untuk melakukan langkah berikutnya. Lihat Contoh Delay disini.

## Contoh Predefined Process


Contoh Flowchart Penggunaan Predefined Process https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ https://www.zendcode.web.id/p/panduan-menggunakan-properti-gambar.html Zend ZendCode | www.zendcode.web.id

Penjelasan: 

  • Flowchart bagian kiri adalah Predefined Process.

    Diberi nama "CEK BILANGAN". Dan di akhir "Kembalikan Nilai" berarti jika Proses ini dipanggil akan memberikan nilai sebagai output dari proses. 

  • Di sebelah kanan adalah penggunaan Simbol Predefined Process.

    Di situ kita panggil proses yang sudah didefinisikan sebelumnya yaitu "CEK BILANGAN". Dari proses tersebut akan menghasilkan output Genap atau Ganjil.

  • Predefined Process bisa disebut juga Function/Fungsi dalam pemrograman. 


## Contoh Delay


Contoh Flowchart Penggunaan Simbol Delay https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ https://www.zendcode.web.id/p/panduan-menggunakan-properti-gambar.html Zend ZendCode | www.zendcode.web.id


Penjelasan: Setelah Alarm di Snooze, maka Alarm akan ditunda selama 5 menit. Kita gunakan simbol Delay untuk menyatakan berapa lama waktu tunda. 



# Simbol Pemrosesan Data


Simbol Collate

Collate

Simbol flowchart Collate menunjukkan langkah yang memerlukan pengorganisasian data atau informasi sesuai dengan format atau pengaturan standar.

Simbol Sort

Sort

Simbol Sort menunjukkan penyortiran atau pengurutan data, informasi, materi ke dalam urutan yang telah ditentukan sebelumnya.

# Simbol Lainnya

Simbol-simbol di bawah ini dapat kamu gunakan sebagai tambahan yang mungkin diperlukan.


Simbol Komentar/Annotation

Annotation

Digunakan untuk memberikan penjelasan atau informasi tambahan dari sebuah langkah flowchart.

Simbol Merge

Merge

Menunjukkan penggabungan beberapa proses menjadi satu. Bisa juga digunakan untuk menyatakan penyimpanan bahan baku dalam sebuah Process Mapping.

Simbol Extract

Extract

Menunjukkan proses yang terbagi menjadi jalur paralel.

Simpulan

Tidak semua simbol kita gunakan untuk membuat Flowchart. Umumnya kita hanya perlu beberapa simbol seperti, Terminator, Process, Input, Document, Display, Decision, Connector, dan tentunya Flow Line. 


Artikel Selanjutnya: Tools untuk Membuat Flowchart