Top Advertisement

Ayo Masak Mie! Ikuti Algoritma Memasak Mie Instan Ini

Belajar Masak Mie dengan Algoritma Memasak Mie Instan
Algoritma dan Flowchart Memasak Mie Instan

Halo sobat Zen! 

Pada artikel ini saya akan mengajak kamu membuat mie dengan Algoritma Membuat Mie Instan. Saya sajikan dalam Bahasa Natural/Deskriptif dan Flowchart. 

Artikel ini berada pada Seri Contoh Algoritma dan Flowchart yang memberikan contoh-contoh algoritma beserta flowchartnya sebagai bahan referensi belajar yang tepat untuk kamu. 

Pembahasan tentang Algoritma dan Flowchart telah saya ulas di artikel-artikel sebelumnya. Kamu bisa menemukannya dengan melihat daftar index artikel di sebelah kanan artikel ini pada bagian sidebar. Untuk versi mobile, ketuk ikon yang mengambang di sebelah kanan layar.   



Sekilas Pembahasan Algoritma dan Flowchart

Algoritma adalah sebuah urutan instruksi yang sistematis dan logis yang dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah atau menyelesaikan tugas tertentu. 

Algoritma dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk matematika, sains komputer, ilmu pengetahuan sosial, dan banyak lagi. 

Algoritma sering digunakan dalam pemrograman komputer untuk menyelesaikan masalah dan membuat program yang efektif dan efisien.


Lalu, apa itu flowchart?
Contoh Flowchart Sederhana
Contoh Flowchart Sederhana yang terdiri dari Input, Process, Decision, dan Output.


Flowchart adalah representasi grafis dari sebuah algoritma sebuah proses atau sistem. Flowchart biasanya digunakan untuk memvisualisasikan aliran informasi, langkah-langkah, atau keputusan dalam sebuah proses. 

Flowchart sering digunakan dalam pemrograman, manajemen proyek, dan rekayasa sistem untuk membantu memahami dan mengkomunikasikan bagaimana suatu sistem atau proses bekerja.

Flowchart terdiri dari simbol-simbol grafis yang merepresentasikan tindakan atau aktivitas, serta panah yang menghubungkan simbol-simbol tersebut untuk menunjukkan urutan dari aktivitas tersebut. Ada banyak jenis simbol yang digunakan dalam flowchart, termasuk simbol untuk memulai dan mengakhiri proses, simbol untuk tindakan atau aktivitas, simbol untuk keputusan, dan simbol untuk input/output data.

Dalam flowchart, setiap simbol mewakili satu atau beberapa langkah dalam suatu proses. Urutan simbol yang dihubungkan dengan panah menunjukkan urutan langkah dalam proses tersebut. Flowchart membantu pengguna untuk memahami urutan aktivitas yang terlibat dalam suatu proses secara visual dan mudah dipahami. 


Blog zendcode.web.id sudah memiliki banyak contoh Flowchart. Baik flowchart proses ataupun Flowchart program komputer. Semua contoh flowchart di blog ini kami kumpulkan dalam kategori Contoh Algoritma dan Flowchart. 




Algoritma Membuat Mie Instan 

Di bawah ini Contoh Algoritma Memasak Mie Instan dari Zend. 

  1. Siapkan mie instan, panci/wajan, mangkok, sendok dan garpu, dan air secukupnya. 
  2. Masukkan air ke panci atau wajan. 
  3. Nyalakan kompor dan didihkan air.
  4. Sambil menunggu air mendidih, buka bungkus mie, buka bungkus bumbu dan tuangkan ke mangkok. 
  5. Jika air sudah mendidih, masukkan mie. 
  6. Tunggu mie hingga berubah tekstur menjadi kenyal. 
  7. Sesekali diaduk. 
  8. Jika mie sudah kenyal, matikan kompor dan tuang mie ke mangkok. 
  9. Aduk mie hingga bumbu merata. 
  10. Mie siap disantap. 



Flowchart Membuat Mie Instan

Berikut Sebuah Contoh Flowchart Memasak Mie Instan sesuai algoritma yang telah kita buat sebelumnya. 

Gamabr Flowchart Membuat Mie Instan - ZendCode


Penjelasan Flowchart

Mari kita bahas setiap langkah dari flowchart di atas. 

  1. "Mulai" (Simbol Terminator). Menunjukkan awal dari Flowchart. 
  2. "Siapkan mie instan, panci/wajan, mangkok, sendok dan garpu, dan air secukupnya." (Simbol Preparation). Menyatakan langkah persiapan untuk melakukan langkah berikutnya. Disini semua alat dan bahan disiapkan sebelum melakukan langkah berikutnya yaitu merebus mie. 
  3. "Masukkan Air" (Simbol Input/Output). Ini menyatakan langkah dimana kita melakukan input/masukkan. Di sini yang kita input adalah air. 
  4. "Nyalakan Kompor dan Didihkan Air" (Simbol Process). Menyatakan langkah yang berisi aksi dan proses. Aksi disini adalah menyalakan kompor dan proses disini yaitu mendidihkan air. 
  5. "Kemudian Tunggu Mendidih" (Simbol Delay). Menyatakan waktu tunggu atau delay. Di sini waktu tunggu yang dimaksud adalah menunggu air mendidih. 
  6. Kemudian "Buka Bungkus Mie...mangkok" (Simbol Process). Saya hubungkan dengan garis putus-putus yang menandakan langkah ini bisa dilakukan sambil menunggu waktu delay. Di sini kita lakukan sambil menunggu air mendidih. 
  7. Kemudian Simbol Decision dengan teks "Mendidih?". Digunakan untuk mengecek kondisi apakah air sudah mendidih. 
  8. Jika air mendidih, "Masukkan Mie ke Panci" (Simbol Input/Output). Menandakan langkah yang memerlukan input. Di sini kita input mie ke panci.
  9. Kemudian "Tunggu..." (Simbol Delay). Ini menyatakan kita harus menunggu sampai mie menjadi kenyal. 
  10. "Sesekali diaduk" (Simbol Process). Berisi aksi berupa mengaduk. 
  11. Simbol Decision lagi untuk mengecek apakah "Mie Sudah Kenyal?". Jika mie sudah kenyal, matikan kompor dan tuang ke mangkok. Jika belum, kembali menunggu dan sesekali diaduk. 
  12. Selanjutnya Simbol Process "Aduk mie hingga bumbu merata". Menyatakan aksi mengaduk mie. 
  13. Lalu Simbol Input/Output. Disini kita nyatakan output dari proses memasak mie yaitu "Mie siap santap". 
  14. "Selesai" (Simbol Terminator). Menyatakan akhir dari proses atau algoritma.




Akhir Kata

Setelah mie jadi, mungkin akan lebih lengkap nikmatnya apabila ditambah kopi. Artikel algoritma membuat kopi ini akan membantu Anda. 

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk membuat Algoritma dan Flowchart mereka. Silakan kamu bisa bandingan mana yang menurutmu paling bisa diterima.   

Jika kamu ingin menggunakan Flowchart Membuat Mie Instan dari ZendCode di atas, silakan ikuti Panduan Menggunakan Properti Gambar dari ZendCode. Kecuali jika hanya dijadikan contoh atau referensi membuat, kamu tidak perlu melakukannya.