Top Advertisement

Algoritma dan Flowchart Menghitung Luas Lingkaran

Algoritma dan Flowchart Menghitung Luas Lingkaran
Gambar Thumbnail Algoritma dan Flowchart Menghitung Luas Lingkaran

Halo Sobat Zend! Artikel ini akan memberikan Algoritma dan Contoh Flowchart Menghitung Luas Lingkaran. 

Lingkaran (Bahasa Inggris : Circle) adalah bangun datar yang terbentuk dari sekumpulan titik-titik dengan jarak yang sama dari satu titik tertentu (titik pusat). Jumlah titik yang banyak itu menyatu menjadi sebuah garis lengkung yang tidak ada ujungnya.   

Gambar Lingkaran yang disusun dari titik-titik, dengan keterangan 'Jika dihubungkan, titik-titik tersebut akan membentuk garis lengkung tanpa ujung. '




Sebelum kita membuat flowchart dan algoritmanya, kita pahami dahulu rumus menghitung luas lingkaran. 



Rumus Menghitung Luas Lingkaran

Untuk menghitung luas lingkaran kita perlu mengetahui diameter atau jari-jari lingkaran tersebut. Diameter adalah jarak dari titik ke titik di keliling lingkaran yang diukur dengan garis lurus yang melewati titik pusat. Sedangkan jari-jari adalah jarak dari salah satu titik ke titik pusat yang panjangnya setengah dari diameter.

Jari-jari dan Diameter Lingkaran


Kemudian rumus Luas Lingkaran adalah, 

L = π x r x r atau L = 1/4 x π x d x d

Keterangan: 

  • L : Luas
  • π : Phi -- Ditentukan dari panjang jari-jari
  • r : Jari-jari
  • d : Diameter

Ketentuan untuk Phi (π):

  • Untuk jari-jari yang merupakan kelipatan 7, maka Phi sama dengan 22/7.
  • Selain kelipatan 7, Phi sama dengan 3,14.


Algoritma Menghitung Luas Lingkaran

Algoritma harus dibuat dengan efisien dan memberikan output yang tepat. Karena matematika adalah ilmu pasti, jadi jika hasilnya berbeda maka algoritmanya harus diperbaiki lagi.

Berikut Zend sajikan algoritma menghitung Luas Lingkaran yang tepat. 



# Algoritma Menghitung Luas Lingkaran dengan Bahasa Natural / Deskriptif

Berikut Algoritma dalam Bahasa Natural: 
  1. Mulai.
  2. Input panjang jari-jari. 
  3. Periksa apakah jari-jari kelipatan tujuh. Jika iya, maka Phi = 22/7. Jika tidak, maka Phi = 3,14.
  4. Hitung Luas Lingkaran dengan rumus: L = Phi x r x r.
  5. Tampilkan Luas.
  6. Selesai.

Penjelasan: Karena dalam aturannya, untuk r atau jari-jari yang merupakan kelipatan 7 Phi = 22/7, dan Phi = 3,14 untuk r bukan kelipatan 7, maka algoritma ini kita lakukan pengecekan kondisi pada langkah 3.

Jika ini tidak dilakukan atau hanya menggunakan Phi = 3,14, maka hasil perhitungan akan tidak sesuai. 


Di atas adalah algoritma program yang bisa kita ubah ke pseudocode seperti berikut. 

# Algoritma Pseudocode Menghitung Luas Lingkaran 

Pseudocode adalah penulisan algoritma yang mirip dengan penulisan kode program. Berikut ini Pseudocode Luas Lingkaran.  
HITUNG_LUAS_LINGKARAN

Deklarasi variabel: 
Phi, L, r

Algoritma: 
MULAI
	MASUKAN r
	
	#periksa apakah r kelipatan 7
		JIKA r % 7 = 0, MAKA  #jika sisa bagi r dengan 7 adalah 0, maka
			Phi = 22/7
		JIKA TIDAK
			Phi = 3.14	
	

	L = (Phi) * r * r 
	
	TAMPILKAN "Luas Lingkaran:" + L 

SELESAI


Flowchart Menghitung Luas Lingkaran

Flowchart digunakan untuk menggambarkan alur sebuah algoritma. Berikut ini Flowchart untuk Menghitung Luas Lingkaran berdasarkan algoritma yang telah dibuat sebelumnya.

Flowchart Menghitung Luas Lingkaran - Zendcode.web.id
Flowchart Menghitung Luas Lingkaran

Penjelasan Flowchart:

  • Simbol Terminator (Persegi Panjang sudut melengkung) dengan teks "MULAI/SELESAI" menunjukkan awal dan akhir Flowchart.
  • Simbol Data Input (Jajar Genjang) digunakan untuk menyatakan langkah mengambil input berupa jari-jari.
  • Simbol Decision/Keputusan (Belah Ketupat/Diamond) menandakan langkah pengecekan kondisi yang memunculkan dua pilihan. Di bagian ini kita periksa apakah r adalah kelipatan 7. Langkah selanjutnya ditentukan oleh hasil pengecekan ini. 
  • Simbol Proses (Persegi Panjang) menyatakan sebuah proses, tindakan, atau aksi. Bagian ini menyatakan tindakan inisialisasi variabel Phi dan Proses Perhitungan Luas Lingkaran dengan rumus Luas Lingkaran.
  • Simbol Display digunakan untuk menampilkan output ke layar komputer sehingga dapat dilihat pengguna.


Akhir Kata dan Kesimpulan

Masing-masing orang memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan sebuah tugas atau masalah. Begitu pun dengan bagaimana mereka menuliskan algoritmanya. Selama hasilnya sama dan tugas atau masalah bis terselesaikan, maka tidak menjadi masalah seperti apa pun algoritma. 

Algoritma yang saya sajikan mungkin berbeda dengan situs lain. Namun jika mengikuti algoritma di atas dan dicoba untuk dibandingkan dengan perhitungan matematika manual, maka hasilnya akan sama. Silakan kamu bisa cermati lebih dalam, Algoritma seperti apa yang bisa menghasilkan output yang benar. 

Algoritma Menghitung Luas Lingkaran ini juga akan berguna ketika kita membuat Algoritma Menghitung Luas dan Volume Tabung. Karena tabung memiliki alas yang berupa Lingkaran.