Top Advertisement

Kopi Susu Nikmat dibuat dengan Resep dan Algoritma yang Tepat! Ini dia Algoritma dan Flowchartnya

Flowchart Membuat Kopi Susu ala Kafe (Cara Tradisional)
Gambar Utama Flowchart Membuat Kopi Susu

Halo Sobat Zend!

Jika sebelumnya kita sudah membuat algoritma dan flowchart memuat kopi instan dan takaran sendiri, maka sekarang kita akan membuat yang sedikit berbeda, yaitu Kopi Susu. 

Flowchart membuat kopi susu ini akan sedikit berbeda dari flowchat membuat kopi sebelumnya. Karena kali ini, kita akan membuat Kopi Susu Tubruk ala Kafe dengan alat tradisional yang pasti ada di dapur kamu. 

Yuk kepoin caranya berikut ini!



Penjelasan Singkat Algoritma dan Flowchart 

Algoritma adalah kumpulan langkah sistematis untuk menyelesaikan sebuah tugas atau menyelesaikan masalah. Algoritma digunakan di berbagai bidang, seperti ilmu komputer, matematika, dan teknologi informasi. 

Kamu bisa membaca artikel kami: Apa itu Algoritma? - Ini Pengertian, Cara Menulis, dan Contoh


Sedangkan Flowchart adalah representasi/penggambaran dari sebuah algoritma dengan bantuan grafis berupa diagram. Flowchart menggambarkan alur proses sebuah algoritma. 

Sebuah algoritma harus memiliki setidaknya satu input, satu proses, dan satu output yang jelas. Berikut ini contoh Algoritma yang digambarkan dalam flowchart. 


Algoritma di samping dimulai dari START  dan berakhir di END. Memiliki sebuah INPUT, sebuah PROCESS, dan akan menghasilkan dua kemungkinan OUTPUT yang ditentukan oleh kondisi pada DECISION



Algoritma Membuat Kopi Susu ala Kafe yang Yummy dengan Cara Tradisional

Untuk membuat kopi susu yang seenak Kafe, kamu ngga perlu beli mahal-mahal alat-alat kopi seperti di kafe-kafe. Kamu cuma perlu alat tradisional yang ada di dapur kamu. Dengan racikan dan alur pembuatan yang benar, hasilnya akan senikmat kopi susu ala kafe. 


Resep: 

  • Air - 3 gelas ukuran 200ml.
  • Susu Kental Manis - 4 sdm.
  • Krimer Bubuk - 2 sdt. 
  • Gula Merah Cair - 2 sdm.
  • Kopi Blend Robusta Arabika atau sesuai selera - 4 sdm.


Alat:
  • Panci 
  • Kompor 
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Gelas saji

Algoritma:
  1. Siapkan semua alat dan bahan.
  2. Masukkan 3 gelas air mineral ukuran 200ml ke dalam panci. 
  3. Rebus air dengan api kecil.
  4. Masukkan 4 sendok makan Kopi ke dalam rebusan air. 
  5. Tuang 4 sendok makan Susu Kental Manis ke dalam rebusan kopi. 
  6. Tambah 2 sendok makan gula merah cair. 
  7. Tambah 2 sendok teh krimer bubuk. 
  8. Aduk sampai mendidih. 
  9. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan angkat panci. 
  10. Diamkan sejenak agar ampas kopi turun. 
  11. Tuangkan ke dalam gelas saji dan sisakan ampas kopi tetap di panci. 
  12. Kopi Susu ala Kafe siap disajikan. Ini bisa untuk 2 - 3 gelas tergantung ukuran gelas saji.   



Flowchart Membuat Kopi Susu Tradisional

Dari algoritma di atas, kita ubah menjadi bentuk bagan alir membuat kopi susu. Bagan alir ini akan menggambarkan alur proses pembuatan kopi susu berdasarkan langkah sistematis yang telah disusun dalam algoritma sebelumnya. 

Berikut Contoh Flowchart Membuat Kopi Susu dari Zend. 

Ini adalah gambar contoh flowchart membuat kopi susu ala kafe dengan cara tradisional.


Penjelasan Flowchart

Flowchart  dimulai dari simbol terminator (lonjong) dengan tulisan "Mulai/Start" dan berakhir di "Selesai/End". Alur proses dijelaskan dengan anak panah. jadi membaca alur dalam sebuah flowchart adalah mengikuti anak panah. 


  1. Baik Kita "Mulai". 
  2. "Siapkan Alat dan Bahan". Langkah pertama, menyiapkan alat dan bahan. Kita pakai Simbol Preparation untuk menyatakan Persiapan. Kemudian di kiri dan kanan terdapat simbol Note/catatan yang digunakan untuk mencatat apa saja yang diperlukan dalam proses persiapan. 

    Anak panah putus-putus bisa digunakan untuk menandakan piranti apa saja yang diperlukan dalam sebuah proses. Di sini kita butuh piranti berupa Kertas Note. (Menyatakan bahwa: Kertas nota diperlukan dalam proses persiapan.)
  3. Lalu jajargenjang berwarna kuning, simbol input/output. Disini digunakan sebagai menyatakan inputan berupa 3 gelas air, dan setelahnya ada inputan lagi berupa kopi, susu kental manis, gula merah, dan krimer bubuk.

    Kemudian simbol input/output yang terakhir digunakan untuk menyatakan output dari proses ini, "Kopi susu ala kafe siap dinikmati". 
  4. Selanjutnya simbol Persegi Panjang berwarna biru, Simbol Proses. Menyatakan sebuah langkah yang berisi proses. Contohnya disitu adalah proses "Panaskan Panci" dsb. 
  5. Terakhir, Simbol berbentuk Belah Ketupat (Simbol Decision). Kadang kala sebuah proses akan menemui pengecekan kondisi untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

    Di flowchart ini kita gunakan untuk mengecek "Sudah Mendidih?". Apakah sudah mendidih atau belum. Jika sudah, maka lanjut langkah berikutnya, jika belum, ulangi langkah sebelumnya sesuai arah anak panah. 
  6. Selesai. Simbol terminator mengakhiri Flowchart Proses Membuat Kopi Susu ini. 



Cek Artikel Sebelumnya: Flowchart Membuat Kopi